PASANGAN BAHAGIA

Punya Hubungan Hangat dengan Mertua

Tidak semua pasangan memiliki hubungan hangat dengan mertua karena berbagai alasan. Padahal, mertua juga merupakan orang-orang penting dalam kehidupan anak dan dapat memengaruhi tumbuh kembangnya.

Desi Hariana | 6 Desember 2019

Hangat dengan mertua tentunya merupakan sebuah hubungan yang ideal dan diharapkan oleh pasangan manapun. Namun sayangnya, hal ini kadang sulit terwujud karena adanya ketidakcocokan atau perbedaan yang dianggap ‘mengganggu’ bagi salah satu pihak (mertua atau menantu), atau bahkan keduanya. Jika mau sedikit berusaha, sebenarnya memiliki hubungan hangat dengan mertua bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Pentingnya punya hubungan hangat dengan mertua

Banyak pasangan yang merasa bahwa mereka masih bisa menjalani pernikahan, termasuk membesarkan anak, tanpa harus ada andil mertua di dalamnya. Ya, Anda memang bisa melakukannya, namun apakah hal ini baik untuk Anda, maupun tumbuh kembang anak? Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan:

  • Mertua juga turut membentuk support system yang stabil bagi anak. Dengan melibatkan kakek dan nenek, orangtua jadi punya lebih banyak ‘mata’ dan ‘tangan’ untuk menjaga dan memerhatikan anak. 
  • Si Kecil pun tumbuh dengan karakter yang kuat, karena tahu bahwa banyak orang yang mendukung dan menyayanginya. Ia juga belajar untuk memiliki hubungan interpersonal yang positif karena banyak belajar dari orang-orang dewasa di sekitarnya, yaitu orangtua serta kakek neneknya. 
  • Anda dan pasangan pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam pernikahan. Jika Anda punya hubungan yang hangat dengan mertua, maka Anda jadi punya tempat untuk bersandar atau sekadar mencurahkan perasaan. Anda tahu bahwa Anda tak akan pernah sendirian, tentunya hal ini sangat baik untuk stabilitas mental dalam menjalani pernikahan.

Strategi hangat dengan mertua

Menurut  Terri Apter, penulis buku http://What Do You Want From Me? Learning To Get Along With In-laws What Do You Want From Me? Learning To Get Along With In-laws” menyampaikan bahwa masalah dengan mertua tidak pernah sederhana dan kadang tidak hanya berurusan dengan dua orang saja. Kegagalan untuk memiliki hubungan hangat dengan mertua dapat mengakibatkan rasa tidak bahagia juga dalam pernikahan Anda. Sama dengan hubungan lainnya, dalam berhubungan dengan mertua, kita juga harus punya strategi yang jitu.

Yuk kita ikuti tip dan trik berikut agar bisa hangat dengan mertua:

  • Mertua umumnya ingin punya andil dalam kehidupan cucu-cucunya. Anda dapat meminta mertua untuk sesekali menjaga anak-anak, misalnya saat Anda dan pasangan menikmati quality time
  • Selalu berpikiran baik tentang mereka. Mungkin caranya saja yang yang membuat Anda tak senang. Mintalah pasangan untuk menjadi mediator atau ‘penerjemah’ keinginan dari orangtuanya (atau sebaliknya), untuk menghindari salah persepsi.
  • Coba cari tahu atau pelajari, apa yang menjadi kesukaan atau hobi mertua. Setidaknya, Anda jadi punya bahan obrolan saat bertemu dengannya. Mereka juga umumnya lebih senang didengar. Begitu Anda pancing sedikit, maka cerita pun akan mengalir lancar. 
  • Buatlah acara keluarga di mana seluruh anggota keluarga besar dapat berkumpul dan beraktivitas bersama. Dalam suasana yang riang gembira, umumnya orang akan lebih mudah untuk mengawali atau menjalin sebuah hubungan yang hangat.

Jika semua cara ini tak berhasil, berarti memang ada masalah yang mendasar antara Anda dan mertua. Cobalah berterus terang pada suami dan minta bantuannya agar Anda pun dapat memiliki hubungan yang hangat dengan mertua. 

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-teen-doctor/201705/10-ways-have-easier-relationship-your-in-laws

https://www.focusonthefamily.com/marriage/how-your-relationship-with-your-in-laws-impacts-your-marriage/

https://www.psychologies.co.uk/have-good-relationship-your-laws

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan