KESEHATAN ANAK

Rambut Bayi Tumbuh Lebih Cepat

Banyak orang yang beranggapan bahwa memotong rambut dapat membuat rambut bayi tumbuh lebih cepat. Benarkah hanya itu saja faktor yang yang menentukan?

Anissa Aryati | 18 Mei 2021

Rambut bayi tipis dan halus, hanya beberapa helai tumbuh tidak sempurna di sisi kanan-kiri kepala, dengan bagian belakang yang terlihat bersih tak berambut. Pada usia seminggu, biasanya bayi sudah dapat ‘dicukur’ agar rambut bayinya digantikan dengan rambut baru. Banyak yang beranggapan bahwa mencukur atau memotong rambut bayi maka akan tumbuh lebih cepat. Benarkah demikian?

Pertumbuhan rambut bayi

Rambut bayi belum tumbuh sebagaimana yang diharapkan bisa disebabkan berbagai hal, salah satunya adalah karena percepatan pertumbuhan rambut yang tidak sama karena faktor hormonal, kecukupan nutrisi, dan genetik. Hal lain yang membuat rambut bayi belum tumbuh sempurna adalah karena pada usia kurang dari 6 bulan, bayi masih rentan mengalami kerontokan rambut.

Pada saat mengalami kerontokan, rambut bayi yang tersisa akan membentuk pola tertentu pada bagian sisi kepala. Itu sebabnya kita sering melihat bagian sisi tertentu atau bahkan seluruh sisi kepala bayi mengalami kebotakan. Sebuah studi menyebutkan bahwa kebotakan lebih banyak ditemukan pada bayi perempuan dibandingkan bayi laki-laki. Rambut bayi biasanya akan mulai tumbuh secara normal dan permanen ketika ia mencapai usia balita sekitar usia 18-24 bulan.

Memotong rambut bayi

Agar rambut bayi tumbuh lebih cepat, banyak orang tua yang meyakini hal tersebut bisa dicapai dengan mencukur atau memotong rambut bayi. Pada dasarnya, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kaitan memotong rambut dengan pertumbuhan rambut. Namun berdasarkan pengalaman para profesional yang menekuni tentang pertumbuhan rambut, memotong dan merapikan ujung-ujung rambut pada bayi yang baru berusia beberapa bulan dapat membuat pertumbuhan rambutnya lebih cepat.

Catatan penting yang perlu diketahui oleh para orang tua adalah pertumbuhan rambut bayi membutuhkan kesabaran karena setiap bulan hanya bertumbuh sekitar 1,2-2,5 cm atau rata-rata 12,7-15,2 cm pertahun. Untuk merangsang rambut bayi tumbuh lebih cepat, orang tua dapat menambahkan makanan sehat untuk pertumbuhan rambut ke dalam menu keseharian bayi, seperti:

  • Makanan yang mengandung vitamin E untuk merangsang pertumbuhan rambut anak, seperti bayam, kacang dan jagung.
  • Makanan dengan kandungan asam folat membantu memperkuat rambut agar tidak mudah patah, seperti asparagus, kacang polong dan buah lemon.
  • Mengandung vitamin B karena dapat menghasilkan keratin untuk memperkuat akar rambut, berikan makanan seperti pisang, telor dan sereal gandum.
  • Makanan tinggi kalsium untuk mendorong pertumbuhan rambut yang terdapat pada susu, yogurt, dan brokoli

Selain menambahkan menu makanan dengan kandungan yang baik untuk pertumbuhan rambut, kita juga perlu menjaga kebersihan kulit kepala bayi. Gunakan shampo bayi yang lembut dan tidak mengiritasi kulit kepala. Kedua cara ini penting dalam mendorong pertumbuhan rambut bayi.

Perawatan tambahan lainnya agar rambut bayi tumbuh lebih cepat adalah melakukan pemijatan di bagian pangkal kepala bayi. Lakukan dengan gerakan memutar secara lembut dan hati-hati pada kulit kepala bayi selama 2-3 menit. Pemijatan ini juga berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Artikel Sebelumnya

Mengatasi Serangan Migrain

Artikel Selanjutnya

Bahaya Shaken Baby Syndrome

Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan