KESEHATAN KELUARGA

Rumah Tetap Bersih Meskipun Ada Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan, namun ingat jangan sampai rumah menjadi jorok karenanya. Bagaimana menjaga lingkungan rumah tetap bersih sekalipun ada hewan peliharaan?

Anissa Aryati | 28 April 2022

Pernahkah Anda berkunjung ke rumah seorang teman, saat hendak duduk terdapat bulu-bulu yang menempel di sofa. Kain korden tampak terkoyak dan pada dinding tampak bekas goresan menyerupai tapak hewan peliharaan. Tambahan lagi tercium aroma yang kurang sedap. Namun di sisi lain, ada juga yang memelihara belasan kucing, namun rumahnya tetap bersih dan tak tercium aroma tak sedap. Kok bisa ya?

Pertimbangan sebelum membawa ke rumah

Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang yang memutuskan membeli dan membawa hewan ke rumah karena ingin mencari hiburan untuk mengisi waktu senggang saat tidak ingin ke luar rumah. Penelitian membutikan memelihara hewan peliharaan itu baik karena menumbuhkan sifat persahabatan dan menurunkan risiko depresi pada seseorang.

Tetapi hal terbaik sebelum mengambil keputusan hendak memelihara hewan di rumah, diskusikan hal tersebut bersama anggota keluarga yang lain dan minta pendapat mereka. Tak semua orang merasa aman berinteraksi dengan hewan peliharaan terutama bila mereka mempunyai gangguan Kesehatan tertentu. Beberapa orang memiliki faktor risiko, seperti wanita sedang hamil, bayi/anak balita, dan orang yang memiliki alergi. Termasuk orangusia lanjut yang rentan tertular penyakit zoonosis yang disebarkan hewan kepada manusia.

Jenis hewan yang Anda pelihara juga perlu dipertimbangkan. Hewan peliharaaan yang paling popular untuk dipelihara adalah anjing atau kucing. Sementara sebagian orang lebih tertarik memelihara burung, ikan, kelinci maupun kura-kura. Tapi ada pula yang gemar memelihara hewan yang tak lazim, misalnya ular, harimau, dsb. Apapun hewan yang Anda pelihara, pertimbangkan faktor keamanan keluarga.

Pastikan kebersihan rumah terjaga

Memelihara hewan bukan hanya sekadar pertimbangan kesenangan belaka tapi perhatikan juga kenyamanan keluarga, kebersihan tempat tinggal serta kelangsungan hidup hewan tersebut. Bagaimana menjaga rumah tetap bersih sekalipun ada hewan peliharaan?

  • Bersihkan rumah setiap hari.
  • Jaga kebersihan hewan peliharaan dengan menyediakan tempat khusus untuk memandikan dan merawatnya.
  • Lengkapi rumah dengan pengisap debu dengan filter yang baik dan kuat untuk menyedot bulu-bulu dan bau di karpet maupun tempat lain.
  • Sediakan bahan alami untuk menetralkan bau, seperti soda kue maupun cuka untuk membersihkan furniture dan mencuci mainan anak.
  • Pastikan sirkulasi udara rumah Anda baik.

Memelihara hewan di rumah tak terbatas pada tugas mengurus hewan peliharaan tersebut tetapi juga menjaga lingkungan rumah tetap bersih sekalipun ada hewan peliharaan.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan