TUMBUH KEMBANG

Setahun Belum Bisa Berjalan

Ketika anak baru saja merayakan ulang tahun pertamanya, orangtua akan bertanya-tanya, kapan ia akan bisa berjalan. Jika anak setahun belum bisa berjalan, apakah ada yang salah dengan tumbuh kembangnya?

Anissa Aryati | 4 Juli 2020

Ibu mungkin merasa gelisah ketika menyadari ada anak lain yang seusia anaknya dan bisa melakukan keterampilan baru, hal yang belum bisa dilakukan oleh anaknya sendiri. Salah satunya adalah berjalan. Ketika anak mendekati usia 1 tahun, bahkan sebelumnya, biasanya orangtua akan berusaha mengajari anak berjalan. 

Melatih anak berjalan ketika sudah waktunya memang boleh-boleh saja, asalkan ibu tak memaksa bila ia sudah keletihan atau mengalami kesulitan saat berlatih.

Gerak normal usia 1 tahun

Anak setahun belum bisa berjalan kerap menimbulkan pertanyaan tersendiri bagi orangtua. Apakah Si Kecil bertumbuh kembang secara normal, ataukah ada hambatan? Di usia ini, sebenarnya banyak perkembangan yang semestinya sudah dicapai oleh anak. Tak hanya perkembangan gerak, tetapi juga bahasa, kepandaian dan sosial emosional.  

Dalam perkembangan bahasa, anak seharusnya sudah pandai babbling (mengoceh) atau mengucapkan beberapa kata yang bermakna, misalnya ‘ma-ma’, atau ‘su-su’. Ia mulai senang bereksplorasi dengan memegangi berbagai benda yang ia temui. Keterampilan sosial emosionalnya akan bertambah dengan belajar mengenal orang di sekitarnya. Ia sudah mampu duduk sendiri tanpa bertumpu, merangkak, mengangkat tubuh ke posisi berdiri, berdiri tanpa berpegangan, dititah atau berjalan dipegangi lalu berjalan lepas tangan.

Namun perlu kembali Anda ingat bahwa anak memiliki laju pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Jadi, belum tentu kepandaian anak Anda sama dengan anak lain yang seusia. Meski demikian, waspadai jika ia terlalu jauh ketinggalan untuk menguasai kepandaian yang seharusnya sudah dikuasai untuk rentang usianya.

Hal yang perlu diwaspadai

Menyangkut kemampuan anak berjalan, ada anak yang cepat menguasai kepandaian ini, ada juga yang butuh waktu lebih lama. Namun apabila anak dalam usia 18 bulan belum mampu berjalan tanpa dipegangi, bisa dikatakan ia mengalami keterlambatan. Di sisi lain, apabila anak Anda lebih cepat berjalan dibandingkan anak lain, misalnya di usia 10 bulan. Ada kemungkinan ia juga mengalami perkembangan ke arah hiperaktivitas. 

Untuk itu, pengawasan orangtua terhadap tumbuh kembang anak sangatlah dibutuhkan. Usahakan untuk berkonsultasi secara reguler ke dokter anak di usia pertumbuhannya, agar dokter dapat memberikan masukan atau menegaskan kecurigaan apabila ada hal-hal yang membuat orangtua khawatir.  

Diambil dari:

Zoom Webinar AnakkuID, 20 Juni 2020

“Perkembangan Anak 1 Tahun, Harap-harap Cemas Menanti Jalan dan Bicara”

Pembicara: 

Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K)

 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan