KESEHATAN ANAK

Si Kecil Sudah Beruban

Kita sering menganggap bahwa uban merupakan sebuah tanda penuaan. Namun akhir-akhir ini rasanya kita semakin kerap saja melihat tumbuhnya uban pada usia lebih muda, bahkan pada anak anak. Si Kecil sudah beruban, kok bisa, ya?

Dyah Soekasto | 4 Mei 2020

Uban (canities) adalah rambut yang kehilangan warna. Warna rambut –seperti warna kulit- dibentuk oleh pigmen melanin yang dihasilkan oleh sel melanosit. Seiring bertambahnya usia, aktivitas sel ini akan menurun, yang akan memicu tumbuhnya uban. Setiap individu mempunyai usia biologis masing-masing. Oleh karena itu, mungkin saja Si Kecil sudah beruban di usianya yang masih belia, ini disebut juga sebagai uban dini (premature greying).

Apa penyebab uban dini?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan Si Kecil sudah beruban, antara lain:

  • Faktor turunan. 
  • Adanya penyakit bawaan, misalnya anak dengan uban di puncak depan kepala.
  • Adanya gangguan pigmentasi (pewarnaan) kulit seperti vitiligo. 
  • Adanya penurunan aktivitas melanosit akibat masalah kelenjar tiroid. 

Namun,yang sering dianggap memicu terjadinya uban pada anak adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin ini banyak terdapat pada makanan hewani. Kekurangan vitamin ini mungkin disebabkan asupan yang kurang. Tetapi dapat juga karena gangguan kemampuan penyerapannya. Misalnya pada anak dengan masalah di usus atau anak dengan masalah anemia (kurang darah) tipe tertentu.

Mengatasi uban pada Si Kecil

Sebenarnya, uban tidak akan mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. Namun jika muncul rasa khawatir, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Bila ada keraguan, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari kemungkinan penyebab. Adanya uban dini sebaiknya dicari sebabnya. Karena uban dini mungkin saja tanpa kelainan penyerta, namun mungkin merupakan tanda adanya penyakit yang lebih serius. 
  • Jika pada pemeriksaan diyakini tidak ada penyebab, upayakan agar anak nyaman dengan kondisinya. 
  • Cukupkan asupan gizi. Rawat rambut dengan cermat. Pilih sampo yang paling sesuai.
  • Secara turun temurun orangtua kita mengajarkan pemakaian beberapa bahan alamiah misalnya minyak kemiri untuk menjaga warna hitam rambut.
  • Tetapi bila anak terganggu dengan ubannya, pertimbangkan penyemiran. Hanya saja perlu diingat kemungkinan dampak negatif penggunaan bahan kimia pewarma rambut, apalagi pada anak-anak. 

Kepustakaan

  • http://www.drgreene.com/users/drgreene Greene A. Last Reviewed: March 2, 2008. Khanh-Van Le-Bucklin,  http://www.drgreene.com/bio/rebecca-hicks-md-0 Rebecca Hicks M.D. Diunduh dari http://www.drgreene.com/qa/children-and-gray-hair?pagination=1
  • Sashin D. Premature Graying: Reasons, Options. Diunduh dari   HYPERLINK "http://www.webmd.com/healthy-beauty/guide/abcs-premature-graying" http://www.webmd.com/healthy-beauty/guide/abcs-premature-graying.
  • What Are the Causes of Premature Graying & Hair Loss? Diunduh dari http://www.ehow.com/facts_5009221_causes-premature-graying-hair-loss.html

Artikel asli ditulis oleh Dr. Ari Muhandari Ardhie, Sp.KK (almh.) di Majalah Anakku Edisi Juli 2011. 

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan