ANAKKU SPESIAL

Sinergi Orangtua & Guru Sangat Diperlukan

Orangtua dan guru adalah orang dewasa di sekeliling ABK (anak berkebutuhan khusus) yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kecerdasannya. Itu sebabnya sinergi antara orangtua dan guru sangat diperlukan.

Desi Hariana | 23 November 2023

Kita perlu menyadari bahwa setiap ABK itu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sama juga dengan anak-anak lainnya. Oleh karena itu, orangtua dari ABK perlu untuk selalu berhubungan dan berdiskusi dengan guru di sekolah anak untuk memastikan bahwa anak mendapatkan manfaat yang terbaik dari pendidikan yang dijalaninya.

Saling mendukung demi kebaikan anak

Tugas dan tanggung jawab guru anak di sekolah juga sangat beragam, dan sering kali menantang. Pada dasarnya, guru dari ABK juga mengharapkan dapat bekerjasama dengan orangtua demi kebaikan anak didiknya. Orangtua dapat melakukan beberapa hal untuk mendukung guru agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, antara lain:

1. Aktif di sekolah anak

Orangtua yang aktif di sekolah anak akan sangat membantu guru ABK karena dengan demikian, komunikasi antara orangtua dan guru juga dapat terjalin dengan baik. Sebaiknya orangtua selalu hadir saat ada pertemuan orangtua-guru yang diadakan di sekolah. Momen ini dapat digunakan untuk mengecek kemajuan anak.

2. Bersikap ramah dan siap membantu

Guru di sekolah khusus atau sebagai pendamping ABK, tentu saja memiliki tanggung jawab dan tantangan yang lebih berat dibandingkan guru bagi anak non ABK. Sikap ramah dan siap membantu dari orangtua akan memudahkan tugasnya untuk memperhatikan pendidikan anak Anda di sekolah.

3. Rajin mengecek kemajuan anak

Orangtua yang rajin mengecek kemajuan anak di sekolah pertanda bahwa Anda perhatian pada perkembangan anak. Guru sangat menyukai jika bertemu dengan orangtua yang memiliki rasa keingintahuan yang baik tentang anak. Hanya saja orangtua tetap harus menghormati batasan untuk tidak mencampuri pekerjaan guru.

Apa saja yang bisa didiskusikan?

Ketika bertemu dengan guru anak di sekolah, Anda dapat bertanya beberapa hal berikut ini:

  • IEP (Individualized Education Plan) anak. Setiap ABK itu berbeda, maka IEP setiap anak juga berbeda. Ketahuilah IEP anak Anda dan diskusikan hal ini dengan gurunya.
  • Mencari tahu apa yang dapat dilakukan orangtua di rumah untuk mendukung kelancaran anak dalam belajar.
  • Cara mengukur kemajuan anak, hal ini membuat Anda lebih memahami tantangan yang dihadapi oleh anak saat belajar.
  • Kekuatan akademik anak, sehingga orangtua dapat bersinergi dengan guru untuk mengasah kekuatan ABK.
  • Sama-sama berusaha untuk membuka jalur komunikasi untuk saling terhubung dan mendukung demi pendidikan anak.

Jika Anda ingin memiliki andil dalam proses belajar anak di sekolah, berarti Anda memang perlu meluangkan waktu untuk bertemu dan berdiskusi dengan guru anak Anda. Sinergi antara orangtua dan anak sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan ABK.

Referensi:

Polling
Perlukah anak di imunisasi?
Silahkan Login untuk isi Polling LIHAT HASIL
Komentar
Silahkan Login untuk komentar
Punya pertanyaan seputar Ibu dan anak? Kamu bisa bertanya pada ahlinya di sini

Kirim Pertanyaan