Lebih Produktif Saat Bekerja dari Rumah
Desi Hariana | 25 Februari 2022
Cukup banyak hambatan atau gangguan yang muncul saat kita sedang bekerja dari rumah. Mulai dari anak-anak yang selalu mengajak ayah atau ibunya untuk bermain, sampai ‘lambaian’ tempat tidur atau sofa dan TV yang seakan mengajak Anda untuk rehat sejenak. Agar Anda bisa lebih produktif ssat bekerja di rumah, ikuti tip berikut ini:
1. Menerapkan jadwal rutin
Bayangkan jika Anda masih bekerja di kantor atau luar rumah. Jangan hilangkan rutinitas yang telah Anda jalankan selama bertahun-tahun itu. Misalkan bangun tidur, mandi, berpakaian nyaman dan rapi, sarapan, tepat pukul 09.00 WIB mulai bekerja, diselingi waktu istirahat siang selama 1 jam, lalu kembali bekerja hingga pukul 15.00 atau 16.00. Pastikan keluarga tahu Anda harus bekerja di jam tersebut dan tak boleh diganggu kecuali ada kondisi darurat.
2. Menentukan tempat khusus bekerja
Dari seluruh ruangan yang ada di rumah, tentukan satu tempat atau sudut di mana Anda dapat bekerja tanpa gangguan. Sebaiknya yang aman dari gangguan anak maupun godaan kenyamanan tempat tidur/sofa.
3. Jangan lewatkan waktu istirahat
Ketika tiba saat untuk beristirahat, gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk makan siang, beribadah, dan bermain sebentar dengan anak-anak. Setelah itu, Anda kembali pada pekerjaan Anda.
4. Buatlah sistem kerja yang efektif
Bersama rekan kerja Anda, buatlah sistem kerja yang efektif sehingga Anda pun tak perlu membuang waktu untuk mengerjakan hal-hal yang tak penting atau kurang penting. Kerjasama tim juga sangat memengaruhi produktvitas saat bekerja dari rumah.
5. Berusaha memenuhi target dan tenggat waktu
Sama dengan kondisi saat sebelum pandemi, semua perusahaan biasanya menetapkan target dan tenggat waktu dari sebuah pekerjaan. Berusahalah untuk memenuhi target dan tenggat waktu tersebut seakan-akan Anda masih bekerja di kantor seperti biasa.
6. Memanfaatkan teamwork
Tim dibentuk bukan tanpa alasan. Setiap anggota tim harus saling memberikan dukungan, feedback, maupun bantuan, terutama saat ada anggota lain yang membutuhkan. Jika salah satu anggota tim mengalami kemunduran, maka kinerja tim pun akan terganggu.
7. Aktif memberi masukan dalam rapat
Rapat melalui video call atau webinar sering dilakukan saat sistem kerja dari rumah ini berlaku. Berusahalah untuk selalu aktif memberikan saran, ide, maupun koreksi, untuk menunjukkan bahwa Anda masih menjadi anggota tim yang bisa diandalkan. Hal ini juga dapat menumbuhkan semangat dan motivasi pada anggota lain untuk melakukan hal yang sama.
8. Meminta waktu cuti
Selain berhak untuk beristirahat di akhir pekan, Anda juga masih berhak untuk memiliki cuti dari pekerjaan. Diskusikan hal ini dengan atasan maupun teman kerja Anda. Walaupun mungkin tak dapat pergi jauh dari rumah, Anda dapat menggunakan waktu cuti tersebut untuk mengajak keluarga makan bersama atau melakukan aktivitas yang menyenangkan di rumah.
Referensi: